Rabu, 13 Januari 2010

“SASTRA MELAYU KLASIK SEBAGAI SASTRA INDONESIA LAMA”

TUGAS MAKALAH 
“SASTRA MELAYU KLASIK SEBAGAI SASTRA INDONESIA LAMA”  

Dosen Pembina : 
Drs. H. Zainal Abidin, M.Pd. 

Disusun Oleh : 
Vika Khulla Mahbubah (2090710066) 
Nilam Niswah Konita (2090710065) 
Rina Wulandari (2090710046) 
Ahmad Zubairi (2090710080) 
Artika Sari Abdullah (2090710057) 

UNIVERSITAS ISLAM MALANG FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA 
OKTOBER 2009 


1) Pengertian Sastra Melayu Klasik

Sastra melayu lama adalah sastra yang berbentuk lisan atau sastra melayu yang tercipta dari suatu ujaran atau ucapan. Sastra melayu lama masuk ke indonesia bersamaan dengan masuknya agama islam pada abad ke-13. Peninggalan sastra melayu lama terlihat pada dua bait syair pada batu nisan seorang muslim di minye tujuh, aceh.(http://agepe-lesson.blogspot.com) Sastra melayu lama adalah termasuk bagian dari karya sastra indonesia yang dihasilkan antara tahun 1870 - 1942, yang berkembang dilingkungan masyarakat sumatera seperti "langkat, tapanuli, minangkabau dan daerah sumatera lainnya", orang tionghoa dan masyarakat indo-eropa. 
Karya sastra pertama yang terbit sekitar tahun 1870 masih dalam bentuk syair, hikayat dan terjemahan novel barat.(http://agepe-lesson.blogspot.com) Yang dimaksud dengan sastra melayu klasik adalah sastra yang hidup dan berkembang di daerah melayu pada masa sebelum dan sesudah islam hingga mendekati tahun 1920-an di masa balai pustaka.. 
Masa sesudah Islam merupakan zaman dimana sastra Melayu berkembang begitu pesat karena pada masa itu banyak tokoh Islam yang mengembangkan sastra Melayu. ( http://melayuonline.com) Catatan tertulis pertama dalam bahasa Melayu Kuna berasal dari abad ke-7 Masehi, dan tercantum pada beberapa prasasti peninggalan Kerajaan Sriwijaya di bagian selatan Sumatera dan wangsa Syailendra di beberapa tempat di Jawa Tengah. Tulisan ini menggunakan aksara Pallawa.[3] Selanjutnya, bukti-bukti tertulis bermunculan di berbagai tempat, meskipun dokumen terbanyak kebanyakan mulai berasal dari abad ke-18.(http://topengtopeng.blogspot.com) 
No Pengarang Karya:       
1 G. Francis (indonesia) Nyai dasima 
2 A.f van dewall Bunga rampai, kisah perjalanan nakhoda bontekoe, kisah pelayaran ke pulau kalimantan, kisah pelayaran ke makassar. 
3 H.f.r kommer (indo) Cerita siti aisyah, cerita nyi paina, cerita nyai sarikem, cerita nyonya kong hong nio, dannona leonie. 
4 Kat s.j Warna sari melayu 
5 F.d.j. pangemanan Cerita si conat dan cerita rossina. 
6 F. Wiggers Nyai isah, drama raden bei surioretno, dansyair java bank dirampok 
7 Gouw peng liang Lo fen kui 
8 Thio tjin boen Cerita oey see, tambahsia 
9 R.m.tirto adhi soerjo Busono, nyai permana 
10 Hadji moekti (indo) Hikayat siti mariah 
11 Terjemahan Mengelilingi bumi dalam 80 hari 
12 Terjemahan Graaf de monte cristo 
13 Terjemahan Kapten flamberger 
14 Terjemahan Rocambole 
15 Terjemahan Robinson crusoe 
16 Terjemahan Lawan-lawan merah 
17 Dari masyarakat Ada sekitar 3000 judul karya sastra melayu lama lainnya (http://agepe-lesson.blogspot.com)

2) ciri-ciri sastra melayu lama yaitu :
 · Anonim atau tidak ada nama pengarangnya
 · Istana sentris (terikat pada kehidupan istana kerajaan) 
 · Tema karangan bersifat fantastis
 · Karangan berbentuk tradisional 
· Proses perkembangannya statis 
· Bahasa klise.(http://agepe-lesson.blogspot.com) 

3) Penggolongan sastra melayu klasik Sastra Melayu Klasik tidak dapat digolongkan berdasarkan jangka waktu tertentu karena hasil karyanya tidak memperlihatkan waktu. Semua karya berupa milik bersama. Karena itu, penggolongan biasanya berdasarkan atas : bentuk, isi, dan pengaruh asing. 
1. Kesusastraan Rakyat / kesusastraan Asli (Masa Purba) Kesusastraan rakyat/ Kesusastraan melayu asli, hidup ditengah-tengah masyarakat. Cerita itu diturunkan dari orang tua kapada anaknya, dari nenek moyang kepada cucunya, dari pencerita kepada pendengar. Penceritaan ini dikenal sebagai sastra lisan (oral literature). Kesusastraan yang tumbuh tidak terlepas dari kebudayaan yang ada pada waktu itu. Pada masa Purba (sebelum kedatangan agama Hindu, Budha dan Islam) kepercayan yang dianut masyarakat adalah animisme dan dinamisme. Karena itu, cerita mereka berhubungan dengan kepercayaan kepada roh-roh halus dan kekuatan gaib yang dimilikinya. Misalnya : - Cerita asal-usul - Cerita binatang - Cerita Jenaka - Cerita Pelipur lara. Contoh Mantra Memasuki hutan rimba Hai, si Gempar Alam Gegap gempita Jarum besi akan romaku Ular tembaga akan romaku Ular bisa akan janggutku Buaya akar tongkat mulutku Harimau menderam di pengeriku Gajah mendering bunyi suaraku Suaraku seperti bunyi halilintar Bibir terkatup, gigi terkunci Jikalau bergerak bumi dan langit Bergeraklah hati engkau Hendak marah atau hendak membiasakan aku. 
2. Pengaruh Hindu-Budha dalam Kesusastraan Melayu Klasik Pengaruh Hindu Budha di Nusantara sudah sejak lama. Menurut J.C. Leur (Yock Fang : 1991:50) yang menyebarkan agama Hindu di Melayu adalah para Brahmana. Mereka diundang oleh raja untuk meresmikan yang menjadi ksatria. Kemudian dengan munculnya agama Budha di India maka pengaruh India terhadap bangsa Melayu semakin besar. Apalagi agama Budha tidak mengenal kasta, sehingga mudah beradaptasi dengan masyarakat Melayu. - Epos India dalam kesusastraan Melayu · Ramayana : cerita Ramayana sudah dikenal lama di Nusantara. Pada zaman pemerintahan Raja Daksa (910-919) cerita rama diperlihatkan di relief-relief Candi Loro Jonggrang. Pada tahun 925 seorang penyair telah menyalin cerita Rama ke dalam bentuk puisi Jawa yaitu Kakawin Ramayana. Lima ratus tahun kemudian cerita Rama dipahat lagi sebagai relief Candi Penataran. Dalam bahasa melayu cerita Rama dikenal dengan nama Hikayat Sri Rama yang terdiri atas 2 versi : 1) Roorda van Eysinga (1843) dan W.G. Shelabear. · Mahabarata : Bukan hanya sekedar epos tetapi sudah menjadi kitab suci agama Hindu. Dalam sastra melayu Mahabarata dikenal dengan nama Hikayat Pandawa. Dalam sastra jawa pengaruh Mahabarata paling tampak dari cerita wayang. 
3. Kesusastraan Pada Masa Peralihan Hindu Budha ke Islam Sastra jaman islam adalah sastra yang lahir dari pertemuan sastra yang berunsur Hindu dengan sastra yang berunsur Islam di dalamnya. Contoh karya-karya sastra yang masuk dalam masa ini adalah ; Hikayat Puspa raja, Hikayat Parung Punting, Hikayat Lang-lang Buana, dsb. Sastra pengaruh Islam adalah karya sastra yang isinya tentang ajaran agama Islam yang harus dilakukan oleh penganut agama Islam. Contoh karya : Hikayat Nur Muhammad, Hikayat Bulan Berbelah, Hikayat Iskandar Zulkarnaen dsb. -Perkembangan agama Islam yang pesat di Nusantara sebenarnya bertalian dengan perkembangan Islam di dunia. Pada tahun 1198 M. Gujarat ditaklukkan oleh Islam. Melalui Perdagangan oleh bangsa Gujarat, Islam berkembang jauh sampai ke wilayah Nusantara. Pada permulaan abad ke-13 Islam berkembang pesat di Nusantara.- -Pada abad ke-16 dan ke-17 kerajaan-kerajaan di Nusantara satu persatu menjadi wilayah jajahan bangsa-bangsa Eropa yang pada mulanya datang ke Nusantara karena mau memiliki rempah-rempah.- ( http://Kompas.blogspot.com) 4. Daftar Bentuk Sastra Melayu Klasik 

1. Pantun Pantun yaitu salah satu bentuk puisi lama Melayu yang di dalamnya tersirat kehalusan budi dan ketajaman pikiran. Contoh Kayu cendana di atas batu Sudah diikat dibawa pulang Adat dunia memang begitu Benda yang buruk memang terbuang 
1.1 Dilihat dari bentuknya, pantun dibagi menjadi: a. pantun biasa Pantun biasa sering juga disebut pantun saja. Contoh : Kalau ada jarum patah Jangan dimasukkan ke dalam peti Kalau ada kataku yang salah Jangan dimasukan ke dalam hati b. seloka (pantun berkait) Seloka adalah pantun berkait yang tidak cukup dengan satu bait saja sebab pantun berkait merupakan jalinan atas beberapa bait. Contoh : Lurus jalan ke Payakumbuh, Kayu jati bertimbal jalan Di mana hati tak kan rusuh, Ibu mati bapak berjalan Kayu jati bertimbal jalan, Turun angin patahlah dahan Ibu mati bapak berjalan, Ke mana untung diserahkan c. talibun Talibun adalah pantun jumlah barisnya lebih dari empat baris, tetapi harus genap misalnya 6, 8, 10 dan seterusnya. Jika satu bait berisi enam baris, susunannya tiga sampiran dan tiga isi. Jika satiu bait berisi delapan baris, susunannya empat sampiran dan empat isi. Jadi, apabila enam baris, sajaknya a – b – c – a – b – c. Bila terdiri dari delapan baris, sajaknya a – b – c – d – a – b – c – d Contoh : Kalau anak pergi ke pekan Yu beli belanak pun beli sampiran Ikan panjang beli dahulu Kalau anak pergi berjalan Ibu cari sanak pun cari isi Induk semang cari dahulu d. pantun kilat (karmina), Ciri-cirinya: setiap bait terdiri dari 2 baris, baris pertama merupakan sampiran, baris kedua merupakan isi, bersajak a – setiap baris terdiri dari 8 – 12 suku kata. Contoh : Dahulu parang, sekarang besi (a) Dahulu sayang sekarang benci 
1.2 Dilihat dari isinya, pantun dibagi atas: a. pantun anak-anak Contoh : Elok rupanya si kumbang jati Dibawa itik pulang petang Tidak terkata besar hati Melihat ibu sudah datang b. pantun orang muda Contoh : Tanam melati di rama-rama Ubur-ubur sampingan dua Sehidup semati kita bersama Satu kubur kelak berdua c. pantun orang tua Contoh : Asam kandis asam gelugur Kedua asam riang-riang Menangis mayat di pintu kubur Teringat badan tidak sembahyang d. pantun jenaka Contoh : Elok rupanya pohon belimbing Tumbuh dekat pohon mangga Elok rupanya berbini sumbing Biar marah tertawa juga e. pantun teka-teki Contoh : Kalau puan, puan cemara Ambil gelas di dalam peti Kalau tuan bijak laksana Binatang apa tanduk di kaki (http://agepe-lesson.blogspot.com) 

2. Mantra Mantra adalah puisi yang memiliki aspek ritual, diucapkan pada kesempatan tertentu dengan cara-cara tertentu dan ditujukan pada makhluk gaib. Mantra adalah merupakan puisi tua, keberadaannya dalam masyarakat Melayu pada mulanya bukan sebagai karya sastra, melainkan lebih banyak berkaitan dengan adat dan kepercayaan. Contoh: Assalammu’alaikum putri satulung besar Yang beralun berilir simayang Mari kecil, kemari Aku menyanggul rambutmu Aku membawa sadap gading Akan membasuh mukamu (http://agepe-lesson.blogspot.com) 

3. Syair Syair adalah puisi atau karangan dalam bentuk cerita yang mementingkan irama sajak. Syair adalah puisi lama yang berasal dari Arab. Contoh : Pada zaman dahulu kala (a) Tersebutlah sebuah cerita (a) Sebuah negeri yang aman sentosa (a) Dipimpin sang raja nan bijaksana (a) Negeri bernama Pasir Luhur (a) Tanahnya luas lagi subur (a) Rakyat teratur hidupnya makmur (a) Rukun raharja tiada terukur (a) Raja bernama Darmalaksana (a) Tampan rupawan elok parasnya (a) Adil dan jujur penuh wibawa (a) Gagah perkasa tiada tandingnya (a) Berdasarkan isinya, syair dapat dibagi ke dalam enam golongan (Hooykaas, 1937: 66–74; Liaw Yock Fang, 1982: 293– 316). Masing-masing bagian akan diberi contoh dan akan dibahas lebih lanjut. Beberapa golongan tersebut adalah: Syair Romantis: Syair Bidasari Syair Kiasan: Syair Ikan Terubuk Berahikan Puyu-puyu Syair Sejarah: Syair Perang Mengkasar Syair Saduran: Syair Damar Wulan Syair Keagamaan: Syair Perahu 

4. Karmina Karmina adalah pantun dua seuntai (pantun kilat)yang terdiri dari dua baris, baris pertama sebagai sampiran dan baris kedua sebagai isi. Contoh: Sudah gaharu cendana pula Sudah tahu masih bertanya pula 

5. Hikayat Hikayat adalah salah satu bentuk sastra prosa yang berisi kisah, cerita, dongeng atau sejarah. Biasanya mengisahkan tentang kehebatan atau kepahlawanan seseorang. 

6. Gurindam Gurindam adalah puisi lama yang berasal dari Tamil (India) Gurindam adalah satu bentuk puisi Melayu lama yang terdiri dari dua baris kalimat dengan irama akhir yang sama, yang merupakan satu kesatuan yang utuh. Baris pertama berisikan semacam soal, masalah atau perjanjian dan baris kedua berisikan jawabannya atau akibat dari masalah atau perjanjian pada baris pertama tadi. Contoh : Pabila banyak mencela orang Itulah tanda dirinya kurang Dengan ibu hendaknya hormat Supaya badan dapat selamat Gurindam Dua Belas · Kumpulan gurindam yang dikarang oleh Raja Ali Haji dari kepulauan Riau. · Dinamakan Gurindam Dua Belas oleh karena berisi 12 pasal, antara lain tentang-ibadah, kewajiban raja, kewajiban anak terhadap orang tua, tugas orang tua kepada anak, budi pekerti dan hidup bermasyarakat Contoh : Kurang pikir kurang siasat (a) Tentu dirimu akan tersesat (a) Barang siapa tinggalkan sembahyang ( b ) Bagai rumah tiada bertiang ( b ) Jika suami tiada berhati lurus ( c ) Istri pun kelak menjadi kurus ( c ) (http://agepe-lesson.blogspot.com) 

7. Seloka Seloka merupakan bentuk puisi Melayu Klasik, berisikan pepetah maupun perumpamaan yang mengandung senda gurau, sindiran bahkan ejekan. contoh seloka 4 baris: anak pak dolah makan lepat, makan lepat sambil melompat, nak hantar kad raya dah tak sempat, pakai sms pun ok wat ? contoh seloka lebih dari 4 baris: Baik budi emak si Randang Dagang lalu ditanakkan Tiada berkayu rumah diruntuhkan Anak pulang kelaparan Anak dipangku diletakkan Kera dihutan disusui 

8. Bidal Perihabasa atau pepatah yang mengandung nasehat dan sindiran dalam bentuk kalimat singkat dan memperhitungkan rima atau keindahanbunyi. Contoh: Ikut hati mati, ikut rasa binasa 

9. Fabel Cerita tentang karakter seseorang yang di perankankan oleh binatang (berisi pendidikan moral dan budi pekerti) dan sastra jenis fabel ini merupakan sastra lisan (dongeng) kerakyatan yang lazim berkembang di masyarakat pada masa penjajahan. Contoh : Kancil yang cerdik tapi licik,dll. Tapi pada era moderm ini sastra jenis fabel ini lebih banyak mendominasi dalam dunia perfilman. 

D. Ciri-ciri khusus sastra Melayu lama 
1. Ciri-ciri pantun 
 a. Setiap baris pantun dapat berdiri sendiri. 
b. Bersajak ab-ab 
c. Bersifat lirik: mengungkapkan perasaan. 
d. Tediri atas sampiran dan isi. 
e. Dua baris pertama: sampiran, dua baris terakhir:isi. 
f. Terdiri ndari 4 baris, tiap baris terdiri dari 4 kata, 9-12 suku kata. 
g. Tiap baris terdiri dari dua elahan napas. 

2. Ciri-ciri mantra 
a. Berirama akhir abc-abc, abcd-abcd, abcde-abcde. 
b. Bersifat lisan, sakti atau magis 
c. Adanya perulangan 
d. Metafora merupakan unsur penting 
e. Bersifat esoferik (bahasa khusus antara pembicara dan lawan bicara) dan misterius 
f. Lebih bebas dibanding puisi rakyat lainnya dalam hal suku kata, baris dan persajakan. 

3. Ciri-ciri syair 
 a. terdiri dari 4 baris 
 b. berirama aaaa 
 c. keempat baris tersebut mengandung arti atau maksud penyair 

4. Ciri-ciri karmina 
a. Setiap bait merupakan bagian dari keseluruhan. 
b. Bersajak aa-aa, aa-bb c. Bersifat epik: mengisahkan seorang pahlawan. 
d. Tidak memiliki sampiran, hanya memiliki isi. 
e. Semua baris diawali huruf capital. 
f. Semua baris diakhiri koma, kecuali baris ke-4 diakhiri tanda titik. 
g. Mengandung dua hal yang bertentangan yaitu rayuan dan perintah. 

5. Ciri-ciri hikayat Umumnya mengisahkan tentang kehebatan maupun kepahlawanan seseorang lengkap dengan keanehan, kesaktian serta mukjizat tokoh utama 

6. Ciri gurindam Baris pertama berisikan semacam soal, masalah atau perjanjian baris kedua berisikan jawabannya atau akibat dari masalah atau perjanjian rada baris pertama tadi 

7. ciri-ciri seloka · Ditulis empat baris memakai bentuk pantun atau syair, namun ada seloka yang ditulis lebih dari empat baris. 

8. Ciri-ciri bidal 
· Merupakan jenis puisi bebas.
· Terdapat beberapa baris dalam rangkap untuk mmenjelaskan pemerian. 
· Tidak ada pembayang, setiap rangkap dapat menjelaskan satu keseluruhan cerita. 
· Terdiri dari 6-20 baris. ( http://Kompas.blogspot.com) 

9. Fabel 
· Bebas seperti essai atau cerbung dan cerpen bahkan novel 
· Karakter tokoh diperankankan oleh binatang moral dan budi sastra jenis fabel ini merupakan sastra lisan (dongeng) kerakyatan. 

 Daftar Rujukan : 
( http://melayuonline.com)
(http://agepe-lesson.blogspot.com) 
(http://Kompas.blogspot.com) 
(http://topengtopeng.blogspot.com)

1 komentar:

Lya zemzy mengatakan...

buat makalah tentang lembaga sosial lah